Selasa, 05 Mei 2015

balaghotul Quran

PEMBAHASAN BALGHATUL QUR’AN JUZ 2

1.      Al-Baqarah ayat 142
سَيَقُولُ السُّفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ مَا وَلَّاهُمْ عَنْ قِبْلَتِهِمُ الَّتِي كَانُوا عَلَيْهَا قُلْ لِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ (142)
142. Orang-orang yang kurang akalnya diantara manusia akan berkata: "Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya?" Katakanlah: "Kepunyaan Allah-lah timur dan barat; Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus".

السُّفَهَاءُ: Lafadz ini termasuk majaz mursal dengan maksud إطلاق الكل وإرادة الجزء. (mengungkapkan makna seluruhnya  sedangkan yang dikehendaki bagian atau menyebutkan keumuman yang dimaksud kekhususan). Tapi yang di maksud adalah sebagian dari orang bodoh dari orang-orang kafir yang tidak mau menerima hidayah atau petunjuk ayat al-Qur’an.
Kontekstualisasi:
Allah memakai kata-kata “sufaha” dalam ayat ini, ini menunjukkan bahwa orang-orang yang tidak mau mengakui keEsaan Tuhan benar-benar di anggap orang yang bodoh disisi Allah, karena sudah jelas datang kebanaran melalui ajaran Nabi namun mereka masih menghiraukan semua itu. Jadi, agar kita termasuk orang-orang yang tidak dimagsud oleh Allah dalam ayat tersebut, kita harus senantiasa menjadi manusia yang menjunjung tinggi semua ajaran Agama امتثال الاوامر و اجتناب النويهئ” dengan begitu, kita akan menjadi umat yang terhormat disisi Allah dan dihadapan manusia.
2.      Al-Baqarah ayat 144
قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوا وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ وَإِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ لَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ (144)
144. sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, Maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. dan dimana saja kamu berada, Palingkanlah mukamu ke arahnya. dan Sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.

فَوَلِّ وَجْهَكَ lafadz ini termasuk majaz mursal dengan maksud إطلاق الجزء وإرادة الكل. (mengungkapkan makna sebagian, sedangkan  yang dikehendaki keseluruhan atau menyebutkan kekhususan yang dimaksud keumuman). Maksudnya ialah memalingkan seluruh anggota tubuh bukan wajah saja.
Kontekstualisasi:
Ayat ini, menunjukkan bahwa perintah untuk beribadah harus dilakukan dengan kesempurnaan, magsudnya apa? Walaupun dalam Al Qur’an ada yang mengataakan bahwa “اقم الصلاة لذكر”, Allah memerintah mengerjakan shalat agar kita selalu mengingatnya, lalu bagaimana kalau kita tidak melakukan shalat sacara formal namun kita sudah bisa selalu mengingat Allah?, tentu hal ini tidak dibenarknan, karena selain tujuan untuk mengingat Allah dengan melaukan shalat, kita juga di tuntut untuk menjalankan perintah ajaran Nabi dengan apa yang telah dicontohkan dalam kehidupan Nabi sehari-hari yang menjadi Syari’.

3.      Al-Baqarah ayat 153
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
153. Hai orang-orang yang beriman, Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

 اسْتَعِينُوا :Lafadz ini, termasuk majaz isti’aroh, hal ini dikarenakan arti awal dari lafadz ini adalah “perhatian, kehati-hatian,penjagaan, keperdulian,penolongan dll”, jadi secara akal tidak mungkin kita disuruh oleh Allah untuk meminta pertolongan kepada sabar. Dengan kategori isti’aroh tasrihiyah karena menyebutkan musabah bih, qorinahnya adalah lafadz “ista’inu” musabah minhunya “as sabr”.

Kontekstualisasi:
Dalam ayat ini sudah jelas, bahwa jikalau kita ingin mendapat pertolongan dari Allah, kita harus senantiasa menjadikan sabar dan selalu menjalankan ibadah shalat dalam kunci kesuksesan kita. Karena di ayat tersebut, Allah menyandingkan lafadz “Shabr wa As Shalah”, ini mengindikasikan bagaimana?, hal ini mengindikasikan bahwa jika kita ingin selalu diperhatikan oleh Allah dalam segala hal, kita harus senantiasa menjalankan kedua perintah Allah ini, yakni Shabar dan shalat. Karena setelah lafadz tersebut, Allah menuturkan kata “إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ bahwa Allah selalu bersama orang-orang yang sabar.
4.      Al-Baqarah ayat 158
إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ
158. Sesungguhnya Shafaa dan Marwa adalah sebahagian dari syi'ar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber-'umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa'i antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui

 شَاكِرٌ عَلِيمٌ: lafadz ini termasuk majaz mursal haliyah, karena yang di kehendaki oleh Allah adalah dzat pemberi pahala bagi orang yang melakukan kataatan, “dengan memakai lafadz Syukur, padahal yang dikehendaki adalah Jaza’(balasan)
Kontekstualisasi:
Ayat ini menghimbau kepada kita, bahwa kita jangan sekali kali menghiraukan perbuatan dengan kerendahan hati, karena Allah Maha mengetahui atas apa yang kita kerjakan. Dan jangan ragu terhadap semua amal kebaikan kita yang pernah lakukan, karena Allah adalah Dzat yang Maha membalas semua kebajikan.





5.      Al-Baqarah 164
 إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ مَاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ.
164. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ: lafadz ini termasuk kategori majaz isti’aroh. Kerena pada dasarnya makna dari tajri adalah “mengalir, arus, lari, berlomba, mendesak, terjadi”, dan termasuk dalam kategori majaz isti’aroh makniyah karena menyebutkan musabah yakni “fulk” dan alaqohnya yakni “tajri”.
Kontekstualisasi:
Dari ayat ini, kita dapat memahami bahwa Allah menciptakan segala sesuatu pasti mempunyai manfaat, menciptakan langit, bumi, manusia, hewal, tumbuhan dan lain sebagainya pasti mempunyai manfaat satu sama lain. Bahkan Allah menciptakan lautan dimana disana bisa untuk mengais rezki untuk orang-orang yang mempunyai pekerjaan sebagai nelayan. Selain itu, kita juga harus berkhusnudzon kepada Allah bahwa Ia adlah satu-satunya Dzat yang menciptakan segala sesuatu dari yang belum ada menjadi ada dan menjaga ciptaannya itu. Karena tidak mungkin bahwa Allah menciptakan sesuatu kemudian Ia tidak memikirkan ciptaannya, misalkan Ia menciptakan manusia, Ia Juga pasti menjaga manusia itu dari bagaimana memberinya rizki, mengatur pasangan hidup, menentukan ajalnya dan lain-lain, dan hal ini tidak ditujukan kepada umat Islam saja, namun kapada seluruh ciptaan Allah sebagai bukti bahwa Ia Maha pengasih (Al Rahman).
6.      Al-Baqarah ayat 171
وَمَثَلُ الَّذِينَ كَفَرُوا كَمَثَلِ الَّذِي يَنْعِقُ بِمَا لَا يَسْمَعُ إِلَّا دُعَاءً وَنِدَاءً صُمٌّ بُكْمٌ عُمْيٌ فَهُمْ لَا يَعْقِلُونَ
171. Dan perumpamaan (orang-orang yang menyeru) orang-orang kafir adalah seperti penggembala yang memanggil binatang yang tidak mendengar selain panggilan dan seruan saja. Mereka tuli, bisu dan buta, maka (oleh sebab itu) mereka tidak mengerti.

وَمَثَلُ الَّذِينَ كَفَرُوا: lafadz ini termasuk tasbih mursal, karena menyebutkan adat at tasbih dan juga termasuk tasbih mujmal karena tidak menyebutkan wajhu sibhi(Mursal Mujmal).
صُمٌّ بُكْمٌ عُمْيٌ: lafadz ini termasuk tasbih baligh, karena membuang wajhu sibhi dah adad at tasbih. Dan lafadz yang sebenarnya adalah “هم كالصم في عدم سماع الحق، وكالعمي والبكم في عدم الانتفاع بالقرآن., mereka seperti orang yang tuli karena tidak mau mendengarkan ajakan kebaikan.
Kontekstualisasi:
Jangan sampai kita terjerumus dalam gambaran ayat yang diceritakan Allah dalam ayat ini. Dan ini juga menjadi himbauan kepada kita, jika kita kelak menjadi seseorang yang berkewajiban untuk mengemban amanat Allah untuk berdakwah, setidaknya kita harus berusaha sekuat tenaga untuk melakukan apa yang kita anjurkan kepada orang lain terlebih dahulu walaupun orang yang kita ajak untuk menuju jalan tidak menghiraukan ajakan kita, kita jangan mengeluh atas respon yang kurang baik, kembalikan saja segala hasil dari kewajiban kepada Allah, karena kita sebagai manusia hanya berkewajiban untuk mensiarkan Agama Islam dan urusan diikuti atau tidak, itu hak dari Allah untuk memberikan hidayah kepada siapa yang dikehendaki oleh Allah.
7.      Al-Baqarah ayat 174

إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ الْكِتَابِ وَيَشْتَرُونَ بِهِ ثَمَنًا قَلِيلًا أُولَئِكَ مَا يَأْكُلُونَ فِي بُطُونِهِمْ إِلَّا النَّارَ وَلَا يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يُزَكِّيهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
174. Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Al Kitab dan menjualnya dengan harga yang sedikit (murah), mereka itu sebenarnya tidak memakan (tidak menelan) ke dalam perutnya melainkan api, dan Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari kiamat dan tidak mensucikan mereka dan bagi mereka siksa yang amat pedih.

مَا يَأْكُلُونَ فِي بُطُونِهِمْ: lafadz ini termasuk majaz mursal akan datang(باعتبار ما يؤول إليه) yang dimaksud adalah, jika mereka memakan harta haram, maka hal ini akan menjadikan mereka kepada api neraka.
Kontekstualisasi:
Ayat ini memberi peringatan kepada kita bahwa kita dilarang untuk menyembunyikan apa yang telah diberikan oleh Allah kepada kita (Ilmu), selain itu kita juga tidak boleh menjadikan Agama atau Ayat Al Qur’an sebagai salah satu media yang bisa menguntungkan untuk mendatangkan materi duniawi, karena perbuatan yang demikian itu tidak diridhai oleh Allah dan apa yang mereka dapatkan dari Ayat Al Qur’an atau Agama sebenarnya adalah api dari neraka yang mereka makan besok dihari kiamat.
8.      Al-Baqarah ayat 175
أُولَئِكَ الَّذِينَ اشْتَرَوُا الضَّلَالَةَ بِالْهُدَى وَالْعَذَابَ بِالْمَغْفِرَةِ فَمَا أَصْبَرَهُمْ عَلَى النَّارِ
175. Mereka itulah orang-orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk dan siksa dengan ampunan. Maka alangkah beraninya mereka menentang api neraka!

اشْتَرَوُا الضَّلَالَةَ بِالْهُدَى: lafadz ini termasuk majaz isti’aroh tasrihiyah, karena tidak ada musabahnya, lafadz “istarau” sebagai alaqoh musabah sadangkan “addolalah” sebagai Musabah bih. Sedangkan lafadz yang dimaksud adalah mengganti kekufuran dengan keimanan.
Kontekstualisasi:
Dengan lanjutan ayat 174, bahwa perbuatan yang tergambarkan dalam ayat 174 itu adalah sebagaimana orang yang membeli kesesatan dengan kebenaran, maksudnya apa? Ia rela menukarkan surga yang telah dijanjikan oleh Allah dengan neraka, dan hal seperti ini termasuk tindakan orang-orang yang punya nyali besar untuk mencicipi Neraka yang telah dijanjikan betapa pedih adzab didalamnya.

9.      Al-Baqarah ayat 187

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسَائِكُمْ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ
187. Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka
.
هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ: lafadz ini adalah termasuk majas isti’aroh tasrihiyah karena menuturkan musabah bih yakni pada lafadz “libasun”, yang dimagsud adalah dari pasangan akan saling menjadi pelindung.
Kontekstualisasi:
Ayat diatas menunjukkan bahwa pasangan hidup haruslah menjadi pengayom satu sama lain. Kita harus memahami apa yang menjadi kebutuhan dari pasangan kita, jangan mementingkan keinginan sendiri (egois), agar terjalin keluarga yang harmonis yang sesuai dengan gambaran yang digambarkan Allah dalam ayat ini.
10.  Al-Baqarah ayat 200
فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ
200. Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berdzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang bendoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia", dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat

فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ: lafadz ini termasuk tasbih mursal mujmal, karena munuturkan adad tasbih dan tidak ada wajhu sibhi, musabahnya “Allah” adadnya “kaf” musabah bih “abaakum”.




Kontekstualisasi:
Jika kita kaitkan dengan masa sekarang, kita harus mengingat atau berdzikir kepada Allah sama dengan apa yang kita lakukan terhadap apa-apa yang kita senangi dalam kesehariannya, misalkan kita suka dengan lawan jenis dan kita selalu mengingatnya dimanapun kita berada, jadi kita juga harus mengingat Allah dimana saja sebagaimana kita selalu mengingat kekasih yang kita cintai.
11.  Al-Baqarah ayat 222

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ
222. Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

قُلْ هُوَ أَذًى: lafadz ini termasuk tasbih baligh, karena tidak ada adad tasbih, dan wajhu sibh, musabahnya lafadz “huwa”, musabah bih nya adalah “adza”.
Kontekstualisasi:
Ayat ini menunjukkan bahwa jika kita sudah berpasangan, tatkala pasangan kita sedang datang bulan, hendaknya kita tidak melakukan hubungan suami istri disaat pasangan kita sedang haid. Karena darah haid adalah darah kotor, dan bisa mungkin menularjan penyakit, dan hal ini sudah terkonsep dalam islam sejak dahulu dan akhirnya bisa dibenarkan oleh ilmu kedokteran.







12.  Al-Baqarah ayat 223
نِسَاؤُكُمْ حَرْثٌ لَكُمْ فَأْتُوا حَرْثَكُمْ أَنَّى شِئْتُمْ وَقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ مُلَاقُوهُ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ
223. Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman

نِسَاؤُكُمْ حَرْثٌ لَكُمْ: lafadz ini termasuk tasbih baligh, karena tidak ada adad tasbih, dan wajhu sibh, musabahnya “nisaukum”, musabah bihi “hartsun”.
Kontekstualisasi:
Ayat ini menggambarkan bahwa perempuan seperti sawah atau ladang, jadi sebagi suami harus merawat ladang tersebut dengan baik pula agar menghasilkan panen yang sesuai dengan keinginan. Karena suami adalah imam dari sebuah anggota keluarga, jadi suami berkewajiban untuk mengarahkan keluarga menjadi baik. Selain itu, baik dan buruk dari sebuah keluarga, suami mempunyai peran yang sangat besar dalam membangun semua ini.



1 komentar:

  1. Dimana membeli kitab balaghotul quran, termasuk terjemahannya. Terimakasih

    BalasHapus