BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Seiring berjalannya waktu, istilah "Hermeneutika"
adalah sebuah metode yang sangat familiar di telinga kita. Utamanya, dikalangan
para pemikir islam. Hal ini, tergolong disiplin ilmu baru dalam diskursus ulum
al- Qur’an. kemunculannya mengundang kecurigaan dan tanda tanya. Tidak jelas
alasan dari penolakan ini, namun balutan emosional dan sentiment yang
berlebihan terhadap Barat ditengarai sebagai salah satu penyebabnya. Mungkin, Karena
istilah hermeneutika lahir dan tumbuh di Barat. Akan tetapi di pungkiri atau
tidak, istilah hermeniotik adalah sebuah cara untuk menafsirkan teks atau
ujaran.
Dalam
dunia keislaman, utamanya dalam kajian teks, disebut dengan istilah tafsir atau
takwil. Jika dilihat dari cara kerjanya, tidak jauh berbeda dengan tafsir dalam
islam bahkan sebagian sarjana muslim menyebutnya sebagai sesuatu yang sama
namun dalam balutan baju yang berbeda. Memang antara hermenutika dan tafsir
tidak dapat dipersamakan dalam semua hal, namun keduanya memiliki peran yang
sama yaitu membantu pembaca dalam memperoleh pemahaman yang subyektif dari teks
yang ia baca.
Dari
sekian pemikir muslim, ada salah satu tokoh muslim yang mengajak kepada
pembacaan teks secara obyektif. beliau adalah Muhammad Abid al-Jabiri. Melalui
karya-karyanya yang berbicara mengenai al-Qur’an dan ide-ide tersebut ia
jabarkan ke dalam banyak tulisanya.
Disini,
penulis ingin mengajak bagaimana ide-ide al jabiri dalam kajian hermeneutic.
Dengan melihat langsung dari apa-apa yang beliau tulis.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana
biografi singkat al-jabiri?
2.
Bagaimana
konsep hermeneutika yang telah diusung oleh al jabiri?
C.
Tujuan Pembahasan
1.
Mengetahui
biografi singkat al-jabiri.
2.
Mengetahui
konsep hermeneutika yang telah diusung oleh al-jabiri.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Biografi Singkat Al-Jabiri
Muahmmad Abid al-Jabiri lahir pada tanggal 27 desember 1953 di
Firguig, Maroko tenggara. Ia tumbuh dan berkembang dalam sebuah keluarga yang
mendukung Partai Istiqlal, sebuah partai yang memperjuangkan kemerdekaan dan
kesatuan Maroko yang pada waktu itu berada dalam koloni Perancis dan Spanyol.[1] Tepat hari Senin, 3 Mei
2010 M. beliau wafat pada usia 75 tahun.
B.
Konsep Hermeneutika Al-Jabiri
1.
Corak Umum Pemikiran Al-Jabiri
Secar umum corak pemikiran al-Jabiri adalah berusaha menggabungkan
antara otoritas tradisi (turats) yang bersumber dari Islam dengan modernitas.
Pemikiran semacam ini bertumbuh kembang dalam dinamika pemikiran Arab sebagi
reaksi atas dua ekstrimitas pemikiran yang terjadi pada saat itu. Turats
dikalangan pemikir Arab selalu disandingkan dengan hadatsah (modernitas) karena
problem antara turats dan hadatsah inilah yang mendominasi wacana pemikiran
Arab kontemporer. Sebagi pemikir yang berkecimpung dalam tradisi, tak
mengherankan jika al-Jabiri begitu berkepentingan untuk menelusuri akar tardisi
yang membentuk nalar Arab. Turats kemudian menjadi gerbang bagi al-Jabiri untuk
memasuki pemikiran Arab.[2]
كتاب تكوين العقل العربي ص
52
وانه لمما له دلالة خاصة في
هذا الصدد أن تخلو الحضارة العربية الإسلامية مما يشبه تلك الملاحقات والمحاكمات التي
تعرض لها العلماء ، علماء الفلك والطبيعيات ، في أوربا بسبب آرائهم العلمية ، ويكفي
التذكير بما تعرضت له مؤلفات كبلر من بتر ومنع من طرف لاهوتيي عصره بسبب تأييده لنظرية
كوبرنيك الفلكية المبنية على القول بثبات الشمس ودوران الأرض حولها ، عكس ما كان يعتقد
قبل 0 أما في الحضارة العربية الإسلامية فعلى الرغم من أن فكرة كروية الأرض ودورانها
كانت شائعة كغيرها من الأفكار العلمية المماثلة فإنها لم تثر أية ردود فعل لا من طرف
الفقهاء ولا من جانب الحكام ) ص 345 مركز دراسات الوحدة .
وهذه ملحوظة مهمة جدا ، وهي
من الأدلة والبراهين القاطعة على أن صراع العلمانيين مع الشريعة الإسلامية في بلادنا
العربية ، ليس بسبب الجدل حول موقف الإسلام من التقدم الحضاري ولا العلوم العصرية النافعة
، وهي العلوم التي تدور في فلك دراسة الطبيعة واكتشافها واختراع ما يفيد الإنسان ،
وتعتمد على المنهج التجريبي ، لان الشريعة الإسلامية لا تفرض أي تعارض بين الدين وبين
هذه العلوم النافعة ـ بعكس ما كانت الكنيسة تفعل في افتراضها هذا التعارض في أوربا
قبل الثورة على سلطان الكنيسة ـ بل الشريعة الإسلامية تدعو إلى تلك العلوم وتحض عليها
، وكلما كان العالم ملتزما بالإسلام كان أزكى عقلا فيها ، وأعظم نفعا للناس .[3]
Bagi al-Jabiri, turats bukanlah sisa-sisa atau warisan kebudayaan
atau peninggalan masa lampau, tetapi adalah penyempurnaan akan kesatuan dan
ruang lingkup kultur yang terdiri atas doktrin agama atau syari’ah, bahasa dan
sastra, akal dan mentalitas, kerinduan dan harapan-harapan. Turats dengan
demikian adalah berdiri sebagai satu kesatuan dalam seluruh kebudayaan Islam.
Al-Jabiri memandang bahwa tawaran antara tradisi lama (turats) dan
moderenitas (hadatsat) bukanlah soal pilihan. Baginya keduanya datang begitu
saja di hadapan kita tanpa ada kuasa bagi kita untuk memilihnya. Kita tidak
pernah disuruh untuk memilih salah satunya ataupun meninggalkan keduanya. Maka
bagi Al-Jabiri, yang terpenting adalah bersikap kritis terhadap keduanya.
2.
Hermeneutika Al-Jabiri
Problem utama hermeneutika sebenarnya hanya berkutat pada
pencarian makna teks, apakah makna subyektif atau obyektif. Karena itu, ada
tiga bentuk hubungan hermeneutika: hubungan antara penggagas dengan teks;
hubungan pembaca dengan penggagas; dan hubungan pembaca dengan teks.
Dalam persoalan ini al-Jabiri mencoba bersifat netral dengan
berusaha untuk tidak terjebak pada satu sisi pemahaman subyekfif atau obyektif.
Artinya, Al-Qur'an sebagai sebuah teks itu bukanlah benda mati bagi pembaca yang
bisa senantiasa diartikan oleh penafsir semaunya sendiri. Melainkan peran
pemberi teks akan situasi turunya teks saling berhubungan. Ketiganya mempunyai
hubungan yang tak terpisahkan dalam rangka menjawab persoalan moderenisasi. Hal
ini tegas sekali seperti yang beliau tulis dalam kitabnya At-Turats Wa
Al-Hadasah:
التراث والحداثة: دراسات
ومـناقشات ص 23
اقتطاع النصوص من سياقها ،
و التصرف في معانيها ، مع عدم ذكر نقائضها. مثل ما نسبه للسيوطي في مسألة دعاء القنوت
و أنه من جملة القرآن المنزل ، في حين أن السيوطي حكى ذلك من خلال روايات أوردها ضمن
سياقها ، ثم أورد بعدها من يطعن فيها كالباقلاني مثلا. فَلِمَ لَمْ يُدْرِجْ ذلك أو
يُشِرْ إليه على الأقل !؟
و انتقاء الروايات الضعيفة
المنكرة دون الصحيحة الثابتة . مثل : قولة عمر "لولا أن يقال : زاد عمر في القرآن"
.
و التخليط في الاصطلاحات. كالفرق
بين التحريف و النسخ و القراآت ، و هذا صنيع المستشرقين ، مثل كولدزهير في كتابه
"مذاهب التفسير الإسلامي" . لكنه رغم ذلك تصدر منه لفتات منصفة في زخم البحث
و الحشد للنقول و الأقوال .
و التمويه بعبارات فضفاضة إما
جهلا أو تجاهلا . كقوله : "في روايات متعددة" . و ماذا يغني التعدد هنا ،
لأن العبرة بالصحة و الثبوت و لو مع القلة ، لا بالكثرة مع الوهاء والضعف.
و التغاضي عن أحكام النقاد
و الحفاظ المهرة. كما وقع له في خبر الداجن . و لا يقل بأنه ذكر إنكار الطاهر ابن عاشور
، و مال إلى قوله . لأنه نسب الإنكار لابن عاشور وحده و هو متأخر ، في حين أنه كان
ينقل عن القرطبي ، و نقده بين يديه فلم يذكره ، علما أن حكم القرطبي و من والاه في
علو الكعب و تباعد الزمن له كبير الأثر في هذا الباب من غيره . فليعلم .
Bagi al-Jabiri obyektifitas merupakan hal yang penting sebagai
landasan dalam memahami teks. Hal ini tampak dari bagaimana ia dengan tegas
mewanti- wanti untuk tidak membaca makna sebelum membaca kata-kata.dalam hal
ini seorang penafsir harus meletakkan semua prasangka ideologisnya ketika pertama
kali berhadapan dengan teks.
Disatu sisi, beliau juga sangat menegaskan bahwa teks Al-Qur'an
bukanlah ensiklopedi sejarah atau kitab sebuah fan ilmu tertentu. Al-Qur'an
adalah murni kitab agama. Jadi Al-Qur'an murni kitab dakwah agama yang dalam
isinya terkandung sejarah hanyalah sebagai penopang dakwahnya. Sepirit dasar Al-Qur'an
bukan pada isi ceritanya, melainkan pesan moral yang terkandung dalam
kalimatnya.karena itu, kisah Al-Qur'an hanya sebatas perumpamaan. Dan kita
tahu, perumpamaan hanyalah berfungsi sebagai penggiring makna dasarnya.
Pernyataan ini jelas di dalam kitabnya yang berjudul fahmul Al-Qur'an. Beliau
berkata :
فهم القرآن: التفسير
الواضح حسب ترتيب النزول ص 12
ان القران كما انه ليس
كتاب قصاص بالمعنى الادبي الفني المعاصر فهو ايضا ليس كتاب تاريخ بالمعنى العلمي
المعاصر للتاريخ انه مرة اخرى كتاب دعوة
دينية وبما ان الهدف من القصص القراني هو ضرب الامثال والاستخلاص العبرة فلا معنى
لطرح مسالة الحقيقة التاريخية ان الحقيقة التي يطرحها القصص القراني هي العبرة هي
الدرس الذي يجب استخلاصه.[4]
Lewat proses ini obyek pengetahuan dilepaskan
dari unsur-unsur kesementaraan yang tidak hakiki, sehingga tinggal hakikat
objek yang menampakkan diri atau mengkonstitusikan diri dalam kesadaran.
Hal ini dilakukan dalam rangka untuk menghindari otoritarianisme
interpretasi. Yaitu suatu metode interpretasi yang merampas dan menundukkan
mekanisme pencarian makna suatu teks kepada pembacaan yang bersifat subjektif
dan selektif. Dalam konteks ini seolah-olah pembaca yang bersangkutan paling
mengetahui apa yang dimaksudkan oleh pengarang dan teks. Di dalam kitabnya
Formasi nalar Arab beliau berkata:
تكوين العقل العربي ص 13.
وضع قاعدة لإعلام إسلامي يعنى
بتقديم الصورة الحقيقية للإسلام باعتباره هداية للبشرية، وكشف عورات الحضارة الغربية
المادية وبيان نواقصها ومخاطرها على الجنس البشري.[5]
Hermeneutika yang ditawarkan al-Jabiri bersifat negosiatif. Dalam
artian ada kompromi antara pembaca dan teks. Di satu sisi teks dibiarkan
berbicara apa adanya, namun di sisi lain pembaca diberi kesempatan untuk
menafsir ulang sesuai dengan kebutuhan. Oleh karenanya beliau dengan tegas
mengatakan :
هذا من نقد تاريخ القرءان الذي
هو مصدر الفكر الديني ، مما يعني أن وجود مجرد احتمال بسيط لحذف آية يعني إسقاط
القدسية عن القرءان ، على اعتبار أن القرءان نفسه خضع للفعل البشري ، والفعل
البشري ليس مقدسا.[6]
Lebih dalam lagi, al-Jabiri mempunyai konsep tersendiri dalam hal
interpretasi sebuah teks. Yakni dengan konsep al-Fasl dan al-Wasl.
a.
Al-Fashl
Al-Fashl adalah sebagai langkah mengatasi problem obyektifitas
dalam pembacaan, diaplikasikan dalam al-Qur’an dengan menanggalkannya dari
segala atribut yang menyertainya yang termaktub sebagai hasil penafsiran dan
segala bentuk pemahaman atasnya.
Bila kita amati, dalam konsep ini beliau memperoleh pemahaman dari
kolaborasi teks dan kronologi sejarah. Disana beliau menggambarkan bagaimana memberi
contoh dengan menafsirkan surat al-A'rof ayat 157:
مدخل إلى القرآن الكريم ،
ط1 ، مركز دراسات الوحدة العربية ، بيروت ، 2006
أن الرسول-صلى الله عليه و
سلم- كان يقرأ و يكتب . فذكر منه طائفة من الآيات القرآنية وجهها كما يريد هو ، إن
القرآن ذكر بأن التوراة و الإنجيل بشرا بقدوم النبي الأمي ،و هذا في قوله تعالى :
((الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الرَّسُولَ النَّبِيَّ الأُمِّيَّ الَّذِي يَجِدُونَهُ
مَكْتُوباً عِندَهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَالإِنْجِيلِ))-الأعراف : 157 - . (( أي
من غير اليهود اسمه أحمد ))، و أشار إلى أنه سيفصل في مفهوم الأمي و الأميين لاحقا
و منها أيضا قوله تعالى :
(( وَقُل لِّلَّذِينَ أُوْتُواْ الْكِتَابَ وَالأُمِّيِّينَ أَأَسْلَمْتُمْ فَإِنْ
أَسْلَمُواْ فَقَدِ اهْتَدَواْ وَّإِن تَوَلَّوْاْ فَإِنَّمَا عَلَيْكَ الْبَلاَغُ
وَاللّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ ))-آل عمران : 20 - ،: (( الذين أوتوا الكتاب هم
اليهود و النصارى ، أما الأميون فهم العرب )[7]
Dalam surat al-a'rof 157. Yang artinya: "(yaitu) orang-orang
yang mengikut rasul, Nabi yang Ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di
dalam Taurat dan Injil", Dengan tegas al-jabiri menafsirkan bahwa Nabi
Muhammad bukan lah seorang umi yang tidak bisa baca tulis. Karena selain orang
yahudi namanya adalah ahmad. Dari sini maka letak fasol atau pemisahan makna Ummi
sebagai sebuah nama dengan Ummi sebagai komunitas orang yang tidak bisa membaca
dan menulis.
b.
Al-washl
Al-washl adalah sebagai upaya mencapai sebuah rasionalitas dalam
pemahaman al-Qur’an dilakukan dengan membawa makna otentik al-Qur’an ke dalam
konteks masa kini.
Sisi washl atau pertemuan ayat diatas adalah, bahwa makna kata
"ummi" yang terdapat dalam Al-Qur'an haruslah dicapaikan makna yang
sesuai untuk masa kekinian. Karena untuk masa saat ini, pemahaman orang akan
nabinya yang tidak bisa baca dan tulis sangatlah buruk. Untuk itu, makna yang
tepat untuk istilah "ummi" dalam Al-Qur'an adalah sebuah nama dan
bukan sebuah sifat jelek yang melekat pada Nabi dan Rosul. Dan tidak
menggunakan makna yang telah dirumuskan ahli bahsa masa lampau.
هو الذي اقترح معنى عبارة أمي
، ليصبح بذلك أن الأمي هو الذي لا يقرأ و لا يكتب ،فهذا المعنى ليس اقتراحا من الزجاج
و لا اجتهادا من علماء اللغة العربية،و إنما هو معنى أصيل في اللغة العربية قبل أن
تُجمع اللغة العربية ، و قبل أن يُولد الزجاج . و ذلك أنه سبق أن اثبتنا بالأدلة الصحيحة
و القطعية أن معنى أمي في الشرع و اللغة هو الذي يعرف القراءة و الكتابة،[8]
Meskipun apa yang digagasnya adalah perpaduan antara obyektifitas
dan subyektifitas yang seimbang, tak urung ide obyektifitasnya lebih terlihat
mendominasi konsepnya. Dalam kaitan hubungan antara pembaca dengan teks dan
penggagas, terdapat tiga bentuk hubungan hermeneutika yaitu teoritis,
filosofis, dan kritis.
Pertama, hermeneutika teoritis. Adalah bentuk hermeneutika yang
menitik beratkan kajiannya pada problem “pemahaman”, yakni bagaimana memahami
dengan benar. Sedang makna yang menjadi tujuan pencarian dalam hermeneutika ini
adalah makna yang dikehendaki oleh penggagas teks.
Kedua, hermeneutika filosofis. Problem utama hermeneutika ini
adalah bagaimana tindakan memahami itu sendiri. Hermeneutika ini berbicara
tentang watak interpretasi, bukan teori interpretasi.
Ketiga, hermeneutika kritis. Hermeneutika ini bertujuaan untuk
mengungkap kepentingan di balik teks. Dalam hal ini, sesuatu yang berada di
luar teks sebagai problem hermeneutikanya yang justru oleh kedua model
hermeneutika sebelumnya diabaikan. Pengertian sesuatu yang berada di luar teks
tersebut adalah dimensi ideologis penafsir dan teks, sehingga dia mengandaikan
teks bukan sebagai medium pemahaman sebagaimana dipahami dua model hermeneutika
sebelumnya, melainkan sebagai medium dominasi dan kekuasaan. Di dalam teks
tersimpan kepentingan pengguna teks. Karene itu, selain horizon penafsir, teks
harus ditempatkan dalam ranah yang harus dicurigai.
Dari ketiga model hermeneutika di atas, Tampaknya hermeneutika
al-Jabiri tidak bisa lepas dari kedua model hermeneutika pertama, teoritis dan
filosofis. Dalam hal hermeneutika teoritis ia mengakui historis al-Qur’an dan
dalam hal hermeneutika filosofis ia mengakui ke-azaliah-an al-Qur’an. Ada juga
kecurigaan terhadap teks yaitu ketika ia menawarkan kritik ideologisnya. Namun
menurutnya hal itu tidak berlaku dalam al-Qur’an, karena sebagai kalam Allah ia
terlepas dari ideologi manapun dan bahkan ideologi mesti disingkirkan saat
membaca pertama kali berhadapan dengan teks. Langkah pemahaman dengan
mendahulukan membaca teks daripada makna, yang berarti makna harus digali dari
aspek struktur teks dan kemudian dilanjutkan dengan kritik historis.
Jadi, gagasan al-Jabiri dalam rangka menginterpretasi sebuah teks Al-Qur'an
adalah dengan memenuhi tiga tahapan. Pertama, penafsir melakukan investigasi
fenomena linguistik teks. Kedua, penafsir harus mengkosongkan dirinya dari
segala bentuk kepentingan. melalui kerja imajinasi dan wawasan. Ketiga,
melakukan rekonstruksi untuk memasukkan situasi dan kondisi untuk memperoleh
hasil yang ingin dicapai dari ungkapan teks.
Bila kita melihat model urutan pembahasan kajian tafsirnya
al-jabari di dalam kitabnya fahmu Al-Qur'an, beliau mengabstraksikan dalam tiga
tahapan. Yakni:[9]
1.
Periode Makkah Pertama.
Tahapan ini
bermula dari Al-Qur'an surat al-fajr sampai surat al-qomar. Bila dilihat
sekilas, mayoritas bagian ini menampilkan kisah-kisah para penduduk baduwi atau
orang pedalaman dengan para utusan Allah kepada orang pedalaman tersebut.
Artinya, disana menunjukkanpara nabi tersebut lebih dahulu diturunkan dari pada
para utusan Allah kepada bani israil. Dari sini bisa diambil benang merah bahwa
al-jabiri ingin menunjukkan bahwa keteraturan turunya ayat menunjukkan
kronologi waktu dalam kisah itu sendiri.
2.
Periode Makkah Kedua.
Tautan ini
bermula dari Al-Qur'an surat shod hingga surat ankabut. Dimana surat-surat
tersebut menceritakan perihal para utusan bani israil. Pada bagian ini,
al-jabiri mengelompokkan pada tiga bagian umum. Pertama, abstraksi lugas proses
ditunkannya Al-Qur'an dengan perjalanan dakwah nabi muhammad di Makkah. Kedua,
kisah-kisah yang terungkap dalam Al-Qur'an surat al-A'raf. Disini tegas
aljabiri mengklarifikasi kedalam dua tema besar. Yakni kisah kronologis para
nabi dan kisah Nabi Musa bersama fir'aun. Ketiga, kisah ndividual. Artinya,
kisah-kisah tersendiri yang tidak berkaitan dengan perjalanan para nabi
terdahulu, seprti cuplikan kisah para kekasih Allah.
3.
Periode Madinah
Periode ini
berkutat penuh dengan perjalanan dakwah nabi di Madinah. Tahapan ini bermula
dari tahun pertama hijriyah. Tepatnya pada hijrahnya nabi dan kaum muhajirin ke
kota Madinah hingga wafatnya Nabi muhammad SAW. Bila kita lihat dari kisah
kisah surat periode Madinah disana tak terlepas dari kisah tentang dialektika
baginda Nabi Muhammad bersama kaum Yahudi dan Nasrani.[10]
Pertanyaan yang mendasar, kenapa aljabiri menggunakan metode
tafsir diatas?. Maka jawabanya adalah karena aljabiri percaya betul bahwa kisah
di dalam Al-Qur'an merupakan cermin perjalanan dakwah nabi muhammad dalam
rangka misi agamanya. Dari sini sangatlah nampak akan konsep yang digagas
aljabiri bertujuan untuk mengungkap korelasi atau kesinambungan penurunan Al-Qur'an
dengan perjalanan dakwah nabi.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Walhasil:
1.
Muahmmad Abid al-Jabiri lahir pada tanggal 27 desember 1953 di Firguig,
Maroko tenggara. Dan tepat hari Senin, 3 Mei 2010 beliau wafat pada usia 75 tahun.
2.
Metode tafsir yang
disuguhkan al-Jabiri adalah konsep Fasl dan Wasl. Al-Fashl adalah sebagai langkah mengatasi problem obyektifitas
dalam pembacaan, diaplikasikan dalam al-Qur’an dengan menanggalkannya dari
segala atribut yang menyertainya yang termaktub sebagai hasil penafsiran dan
segala bentuk pemahaman atasnya. Al-washl
adalah sebagai upaya mencapai sebuah rasionalitas dalam pemahaman al-Qur’an
dilakukan dengan membawa makna otentik al-Qur’an ke dalam konteks masa kini.
B.
Saran Kajian
Masih banyak teori yang belum kami sampaikan, terutama dari konsep
Herminiotik para ahli non muslim. Kami juga belum membahsa tuntas ditail dari
konsep yang digagas al-Jabiri. Alangkah sempurnanya bila dikorelasikan
hermeniotik al-jabiri ini dengan para tokoh non muslim. Dan penelitian lebih
lanjut, kepada siapakah kecendrungan pemikiran al-Jabiri.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Jabiri, Muhammad Abid. 2003. Bunyatu Al-Aqlu
AlArabi, Imam Choiri (penerj.). Yogyakarta: Ircis.
Al-Jabiri, Muhammad Abid. 1987. Takwinu Al-Aqlu
AlArabi. Bairut:
Markaz Dirosah al-Wihdah al-Arabiyah.
Al-Jabiri, Muhammad Abid. 2009. Fahmu
al-Qur'an at-Tafsir Al-Wadih Hasba Tartibi an-Nuzul. Bairut: Markaz Dirosah
al-Wihdah al-Arabiyah.
Al-Jabiri, Muhammad Abid. 2006. Madhol
ila al-Qur'an al-Karim. Bairut:
Markaz Dirosah al-Wihdah al-Arabiyah.
[1] Muhammad Abid Al-Jabiri, Bunyatu Al-Aqlu AlArabi, Imam
Choiri (penerj.), (Yogyakarta: Ircis, 2003) hlm. 5.
[3]
Muhammad Abid Al-Jabiri, Takwinu Al-Aqlu AlArabi, (Bairut: Markaz Dirosah al-Wihdah
al-Arabiyah, 1987), Hlm.. 19.
[4]
Muhammad Abid
Al-Jabiri, Fahmu al-Qur'an at-Tafsir Al-Wadih Hasba Tartibi an-Nuzul,
(Bairut: Markaz Dirosah al-wihdah al-arabiyah, 2009), Hlm.. 12.
[7]
Muhammad Abid
Al-Jabiri, Madhol ila al-Qur'an al-Karim,
(Bairut: Markaz Dirosah al-Wihdah al-Arabiyah, 2006), hlm. 25.
[9]
Muhammad Abid
Al-Jabiri, Fahmu al-Qur'an at-Tafsir Al-Wadih Hasba Tartibi an-Nuzul, hlm..
25-90.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar