Naskah Dakwah
Jadilah Profesor
Naskah ini disusun untuk
memenuhi tugas mata kuliah
“Menejemen Dakwah”
Dosen
Pembimbing :
Indah
Khusnul Masrurah, M.Ag.
Disusun
Oleh :
Baru Muhamad Yusuf
NIM: 283112305
Jurusan : Ushuluddin
Prodi : Ilmu Al Qur’an dan
Tafsir
Semester : V (lima)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
(IAIN) TULUNGAGUNG
DESEMBER 2014
Dalam penyampaian dakwah atau ceramah kali
ini, saya sampaikan pada mad’u yang sedang mencari ilmu di Pon.Pes Putra Menara
AL FATTAH Mangunsari Tulungagung dalam kegiatan rutin setiap malam jum’at yakni
latihan Khitobah dalam pelaksanaanya satu bulan dilaksanakan sebanyak dua kali.
Saya mengangkat tema yang bernuansa lebih
mengunggulkan konsep keimanan dibanding dengan konsep logika seperti halnya
yang diagung-agungkan para Mahasiswa. Karena mayoritas yang muqim di Pon.Pes
ini adalah mayoritas orang-orang yang salafiyah tanpa sekolah formal, jadi
menurut saya dakwah yang baik itu adalah dakwah yang memberi penyemangat kepada
mad’u untuk berusaha menjadi baik, selain itu karena disini mayoritas juga
sedang menghafal Al Qur’an (santri Tahfidz) jadi saya lebih memakai ayat-ayat
Al Qur’an untuk menguatkan argumen saya, dan setidaknya agar memotifasi mad’u
untuk lebih giat membaca apalagi kalau sudah sampai tahapan memahami dan
mengamalkan. Karena menurut saya Al Qur’an adalah suatu lautan yang sangat
luas, dan apabila digali terus-menerus niscaya tidak akan mengurangi kesakralan
Al Qur’an, justru tugas kita sebagai pengemban amanat para Rasul untuk selalu
bisa mengkontekstualkan ayat Al Qur’an agar sesuai dengan persoalan masa kini.
Lain dari pada itu, materi ini saya sampaikan
dengan tujuan untuk memperkuat keyakinan mereka yang dizaman seperti ini tidak
terpengaruh oleh kemajuan ilmu umum, dan mereka yang masih mengunggulkan
tradisi salafus solih bahkan masih mau menghafal Al Qur’an yang menurut saya
semakin lama semakin sedikit yang meminatinya.
Penyampai Dakwah
Baru M. Yusuf
السلام عليكم و رحمة الله وبركاته
انّ الحمد لله
نحمده ونستعينه ونستغفره , ونعوذ بالله من شرور أنفسنا , ومن سيئات أعمالنا , من
يهد الله فلا مضل له , ومن يضلل فلا هدى له. اشهد ان لا اله الاّ الله وحده لا
شريك له. والصلاة وسلم على النبي المبعوث المصطفى , وهو خير البرية وسيد العالمين
الذى فيه أسوة حسنة لمن يرجوا لقاء ربه فى الجنة النعيم وعلى اله واصحابه الابرار
الاخيار الذين يعتقدون باتباع السنة رسول الذى هو منبع الشريعة.
قال الله تعالى في كتابه الكريم اعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم
الله الرحّمن الرّحيم: كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ
أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ
وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ
مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُون. الأية (سورة ال عمران: 110)
و قال رسول الله صلّى الله عليه و سلّم:
اتق الله حيث ما كنت, الحديث او كما قال.
حضرة الكرماء و الفضالاء, لشيخنا
الكريم الشيخ ابن كثير سراج الحاج كمدير المعهد الإسلامي السلفي الفتاح و اهل
بيتهم, و لسائر الأساتد من المدرسد الدنيّة مهيجة القراء, و ايّها الإخوان المحبوب
رحمكم الله.
اولا, حيّ نشكر الله تعالى الذي لقد
اعطينا نعاما كثيرة حتىّ نستطع ان نجتمع في هذا المجلس او في هذا المكان المبارك,
انشاء الله.
ثانيا, الصّلاة و السلام على سيّدنا
و شفيعنا و قرّة اعيوننا سيّدنا محمّد و على اله و صحبه اجمعين, اللّهم فصلّ و
سلّم و بارك على سيّدنا محمّد. الذى لقد حملنا من الضلمات الى النور يعني الدين
الإسلام.
ايّها الإخوان رحمكم الله.
Perlu kita ketahui, bahwa gelar kiyai itu bukan sembarang gelar, karena
predikat kyai adalah gelar yang sangat sulit untuk diperoleh setiap manusia, mengapa
demikian?, karena hal ini adalah amanat langsung dari Allah SWT. Belum tentu orang yang mondoknya lama, hafal kitab banyak, hafal Al
Qur’an, hafal Hadits dan lain sebagainya ini bisa menjadi kiyai. Kalau kita ingin jadi sarjana sangat mudah sekali,
tinggal pergi ke kampus, absen, mengikuti perkuliahan, mengerjakan tugas dan
kewajiban seorang mahasiswa, selesai. Gelar Sarjana sudah di depan mata.
Makanya jangan tenggelam dengan ilmu akal. Mohon maaf sebelumnya, kalau prof,
Dr. meninggal dunia kemudian di kuburannya di beri nama Prof, Dr…, terus
siapakah yang akan memperhatikan atau menziarai makam tersebut?, ..hehehe
Tetapi kalau makam para kiyai, para auliya’ setiap hari didatangi para
santri dan di do’akan, (Alhamdulilahi rabbil’alamin, Allahmumma igfirlahum
warhamhum, dan seterusnya), maka dari itu inilah kenikmatan yang tidak
tergambarkan. Tetapi, mengapa sampai sekarang
masih banyak pola fikir orang tua yang menganggap bahwa sekolah formal lebih
penting dari pada madrasah diniah?? Kadang mereka beranggapan “alah, nyapo
gek an, anak e di madrasahne, mbesok angel golek penggawean, mending ae sekolah
formal wae, sokor bage sekolah seng wes njamin lak lulus langsung oleh
pekerjaan”. Betul nopo betul kang????hehehe
Pendidikan di
pondok itu top. Saya itu orang pondok an, pondok an tulen. Tapi saya bisa
menjamin kalau lulusan pondok pesantren belum tentu besok menjadi orang-orang
yang dalam sisi financial tertinggal, dan saya juga bisa menjamin kalau orang
lulusan sekolah formal saja bahkan sampai sarjana misalkan, saya berani
menjamin kalau dia belum tentu besok menjadi orang-orang yang sukses.
Begini kawan-kawan
yang dirahmati Allah, yang sulit itu memadukan antara iman dan akal, itu yang
paling sulit. Lebih sulit lagi kalau ceramah di depan, keadaan dredek gak ada
air. Apakah panitia tidak ada anggaran untuk beli air minum??..Hehe, guyon
kawan-kawan, biar tidak ngantuk.
Pun, saya teringat
dengan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ibrahim tatkala itu mendapat wahyu dari Allah SWT,
“لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِير(الحديد:2)”. Allah itu adalah Dzat yang menciptakan jagat raya beserta seluruh
isinya, dan juga Dzat yang Maha menghidupi dan juga mematikan segala sesuatu.
Nabi Ibrahim berfikir “Gusti Allah iku Dzat kang moho mateni lan moho
nguripi, lak moho mateni iku wes biso di trimo akal, mergo kabeh perkoro seng
metu permulaane iku musti metu akhirane,
tapi lak perkoro seng wus mati trus kalian Gusti Allah nguripi meneh,
pie carane Gusti pengeran nguripi?” ini akal pasti menolak, bagai mana bisa
terjadi, hal yang sudah mati kok bisa dihidupkan lagi?? Ini yang sering dialami
umat dimasa sekarang sampai besok hari kiamat, karena tidak menanamkan sifat
keimanan terlebih dahulu dalam hidupnya, dan hanya akal lah yang di puja, hal
seperti inilah yang bisa melunturkan nilai Agama Islam pada seseorang.
Gambaran
penjelasannya seperti ini kawan-kawan, ada seorang bertamu kepada kiyai, dia
mengadu kepada kiyai tentang kegagalannya dalam berbisnis, dia selalu rugi
banyak, bahkan banyak hutang-hutangnya yang numpuk-numpuk belum terselesaikan. Akhirnya
dia mengadu kepada seorang kiyai, dan dia berkata kepada kiyai tersebut “Yai,
bagaimana hidupku ini, selalu dirundung kesialan, bisnis ini gagal, bisnis itu
gagal, hutang saya numpuk dimana-mana, tolong dikasih solusi yai”. Kemudian
kyai tersebut memberikan amalan do’a-do’a, bacaan auradz (amalan wirid) agar seluruh
amalan yang telah diajarkat tersenut dibaca atau diamalkan setelah shalat maktubah oleh orang yang sedang
mengalami kegagalan dalam berusaha maupun berbisnis. Pasti secara akal, kita tidak bisa menerima
apa yang diberikan oleh kiyai tentang permintaan solusi kepada orang itu, apa
benar?, orang yang banyak hutang, bisnisnya gagal justru diberi solusi untuk
mengamalkan do’a-do’a, pasti kita berfikiran seperti ini “lha iyo, mbokyo’o
dongo sampek subuh, wiridan sampek ngunyerne tasbeh peng rongewu ubengan
paribasane, lak ra kerjo opoyo iso nyarutan lak ra nyambut gawe!!”, nggeh
nopo nggeh?? Nggeh nopo nggeh??hehehe.
Itulah nalar
akal, akal akan menolak hal-hal yang tidak mungkin masuk logika, tetapi itu lain
dengan kehendak Allah kawan, ababila Allah berkeinginan, maka jadilah keinginan
itu atas izinNya, walaupun secara akal tidak akan mungkin terjadi. Oleh karena
itu, disaat kita menjumpai masalah yang mana antara hati dan akal saling
bertolak belakang, maka menangkanlah hatimu, jangan engkau menangkan akalmu,
iman akan rusak kalau kita memenangkan akal kita.
Makanya Nabi
Ibrahim mengakomodasikan antara akal dengan hati, ini yang jarang disampaikan
oleh mubaligh-mubaligh lain.
Hehe,
Jadi tatkala
Nabi Ibrahim berangan-angan “Gusti Allah iku Dzat kang Moho mateni lan moho
nguripi, lak moho mateni iku wes biso di trimo akal, tapi lak perkoro seng wes
mati trus nguripi meneh, pie carane Gusti pengeran nguripi meneh?, akalku gak
saget nrimo Gusti ”وَإِذْ
قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ أَرِنِي كَيْفَ تُحْيِي الْمَوْتَى”, kemudian beliau di langsung tegur oleh Allah” "قَالَ أَوَلَمْ تُؤْمِنْ قَالَ بَلَى وَلَكِنْ لِيَطْمَئِنَّ قَلْبِي”. Apakah engkau tidak percaya denganku wahai
Ibrahim?, kemudian Nabi Ibrahim menjawab “Bukannya saya tidak percaya Gusti,
tapi saya hidup ini dibekali dengan dua hal penting yakni akal dan hati,
kemudian kalau hati saya bisa menerima, namun akal tidak bisa menerima, apa
yang harus aku lakukan Gusti, bukannya menambah keyakinan atas kekuasanMu, tapi
malah timbul keraguan yang sangat mendalam Gusti, lalu apa yang harus saya
perbuat?”, lalu Allah berfirman:
“قَالَ
فَخُذْ أَرْبَعَةً مِنَ الطَّيْرِ فَصُرْهُنَّ إِلَيْكَ ثُمَّ اجْعَلْ عَلَى كُلِّ
جَبَلٍ مِنْهُنَّ جُزْءًا ثُمَّ ادْعُهُنَّ يَأْتِينَكَ سَعْيًا”
Lalu
Allah menjawab "Kalau
begitu, ketika kamu masih ragu terhadap Ku, maka ambillah empat ekor burung,
lalu cincanglah semuanya,kemudian letakkan burung tersebut diatas tiap-tiap
satu bukit, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan
segera". Mendengar perintah yang demikian, Ibrahim langsung bergegas
memenuhi perintah Allah untuk menaruh burung yang dalam keadaan masih terikat
diatas bukit. Kemudian sampai dibawah, Nabi Ibrahim memanggil burung itu, Subhanallah,
tanpa selang waktu yang lama, burung yang mulanya berada jauh diatas bukit
kembali berada didepan mata Nabi Ibrahim, Nabi Ibrahim heran setengah tidak
percaya, akal sebenarya menolak, tapi mata melihat dengan sendirinya bahwa
sesuatu yang menurut akal tidak akan mungkin terjadi ternyata benar-benar nyata
didepan mata. Lalu masihkah kita mendewa-dewakan akal kawal?..
Dari ayat ini
bisa diambil pelajaran bahwa tidak ada segala sesuatu yang tidak mungkin dari
Allah, tatkala Allah berkehendak pasti akan terjadi, walaupun hal itu tidak
bisa dibenarkan oleh akal. Jadi tatkala akal berseberangan dengan hati, maka
tetap berpeganglah teguh kepada hati kawan. Jangan terlalu tenggelam dalam ilmu
ilmiyah, akal, logika dan lain sebagainya.”kita harus kuliah, sekolah
kedokteran biar hidupnya bahagia”, diajak ngaji ke pondok, ke madrasah,
kurang semangat. Hal ini dikarenakan ketidak tauhan mereka tentang kekuasaan atau kehendak Allah secara
mendalam.
Begini gambarannya, orang ibadah itu sama dengan gambarannya anak sekolah,
anak sekolah itu ada tingkatannya yakni: SD, SMP, SMA, Dr, Prof. kalau ada
diantara kita sekolah SD tidak naik kelas, dikarenakan malas, gak perneh
belajar, gak pernah mengerjakan tugas, pakaiannya acak-acakan dan lain
sebagainya, bagai mana bisa naik kelas kalau kelakuan setiap harinya seperti
ini? Akhirnya ibu gurunya marah, dan ia dikeluarkan dari sekolah, dikemudian hari
ia menjadi pekerja kuli bangunan, tukang pungut sampah, tukang cari rumput
hewan (nggaret) dan lain sebagainya, dengan melihat pekerjaannya seperti
itulah, kita bisa membyangkan bahwa ia mengumpulkan uang satu juta rupiah saja
rasanya pasti setengah mati,,betul nopo betul?? Betul nopo betul??
Berbeda lagi dengan temannya, temannya dari sejak SD selalu rajin belajar,
taat peraturan sekolah, ada tugas mengerjakan, kemudian temannya dari sekolah
SD tamat, melanjutkan SMP tamat, melanjutkan SMA tamat, melanjutkan sarjana
tamat, kemudian Dr, terahir Prof. lha kemudian temannya tersebut dianggat oleh
Negara untuk menjadi pegawai negeri (dosen). Disuatu saat, dia bercerita kepada
temannya yang hanya lulus di bangku SD tidak sampai tamat tadi tentang
pekerjaan dan bagaimana cara mencari uang, tamatan SD bertanya “bagaimana
caramu mendapatkan dan mengumpulkan uang agar bisa terkumpul menjadi banyak?”
kemudian sang Prof. menjawab “ pekerjaanku Cuma makan, tidur, didepan
computer, mengabsen mahasiswa. Begitu aja sudah mendapat uang setiap bulan
sepuluh juta”. Mendengar jawaban seperti itu tamatan SD langsung
terkejut, dan ia bilang “loh-loh, kok enak sekali mulutmu berbicara, mana
ada, orang makan, tidur, ngabsen mahasiswa, dibayar oleh Negara sebegitu
banyaknya, ngawur aja kamu itu”. Orang tamatan SD tidak percaya, karena
akalnya tidak sampai, bahwa Prof. itu pekerjaannya semudah itu untuk bisa
mendapatkan uang, tapi kenyataanya bahwa Prof. itu sudah dijamin oleh Negara
karena penelitiannya sangat dibutuhkan untuk kemajuan bangsa, tidak usah
bekerja banting tulang, sepertihalnya seseorang lulusan SD tadi.
Begitulah gambaran orang yang beribadah, ada tingkatannya seperti SD, SMP,
SMA, Prof. Apa itu artinya??, tingkatan SD itu syari’at, tingkatan SMP itu
tariqat, tingkatan SMA itu ma’rifat dan Prof. itu hakikat. Yang sudah mencapai
tingkatan hakikan tidak perlu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhannya, tapi
yang masih tingkatan syari’at ya harus bekerja untuk memenuhi kebutuhannya. Ini
sesuai firman Allah SWT:
“وَمَنْ
يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا, وَيَرْزُقْهُ
مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ
اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا” (الطلاق: 2)
Barang siapa yang taqwa kepada Allah SWT, dalam artian sudah menduduki
derajat profesor (ma’rifat), maka Allah akan memudahkan segala problematika
hidup, dan memberikan rizqi kepadanya dari arah yang tak disangka-sangka. Dan
hal ini sudah dibuktikan oleh para Nabi dan para auliya’ maupun orang-orang
salih.
Nabi Musa misalnya, tatkala beliau dikejar-kejar oleh bala tentara fir’aun,
kemudian dia terjebak di dekat lautan, dan saat itu pula bala tentara fir’aun
sudah berapa dekat dibelakangnya. Tatkala itu Nabi Musa bingung, ingin berbalik
arah, dibelakang ada musuh, ingin berlari terus didepan sudah ada lautan.
Kemudian mau kemana lagi??, mundur konsekwensinya dibunuh oleh bala tentara
fir’an, kemudian jika jalan terus jelas
tidak mungkin karena didepannya bentangan lautan luas, fikiran Nabi Musa saat
itu buntu, tidak ada jalan kelur. Kemudian Allah menyuruh Malaikat Jibril untuk
turun ke bumi dan mendatangi Nabi Musa untuk memberi solusi atas problem yang
dihadapi saat itu. Dengan bunyi firmanNya
فَأَوْحَيْنَا إِلَى مُوسَى
أَنِ اضْرِبْ بِعَصَاكَ الْبَحْرَ فَانْفَلَقَ فَكَانَ كُلُّ فِرْقٍ كَالطَّوْدِ الْعَظِيمِ
(63) وَأَزْلَفْنَا ثَمَّ الْآخَرِينَ (64) وَأَنْجَيْنَا مُوسَى وَمَنْ مَعَهُ أَجْمَعِينَ
(65) ثُمَّ أَغْرَقْنَا الْآخَرِين (الشعراء: 63-66)
Nabi Musa tatkala itu mendapat seruan untuk memukulkan tongkat yang sedang
ia bawa ke bentang lautan, kemudian lautan menjadi kering dan Nabi Musa beserta
bala tentaranya segera lari untuk menyebrangi lautan, dan tetap diikuti oleh
bala tentara fir’aun. Singkat cerita, sesampainya Nabi Musa dan bala tentaranya
di ujung lautan, dan bala tentara fir’aun masih ditengah perjalanan menyebrangi
lautan, maka Allah memerintah Nabi Musa untuk memukulkan tongkatnya lagi
kelautan, dan tatkala itu pula lautan yang mulanya airnya kering kembali
seperti semula, yang mana fir’aun dan bala tentaranya masih ditengah lautan dan
tenggelam disana. “Suhanallah”. Pun sami dong sedanten?, hehe. Kawan-kawan dapat
memahami?
Contoh lain, kita sebagai orang awam, tatkala kita berkeiginan untuk
melaksanakan ibadah haji kita harus menunggu beberapa tahun lamanya untuk bisa
berangkat, dan perlu mengumpulkan banyak uang untuk saku untuk bekal disana, hal ini terjadi karena apa, karena kita masih
tingkata SD (Syari’at). Namun berbeda dengan kisah yang pernah dialami oleh para
auliya’ Allah, KH Abdul Khobir Siroj yang mashur dengan sebutan “Mbah Khobir”
misalkan (pengasuh pon.pes putra menara Al fattah saat itu, beliau menjadi
pengasuh pondok mulai tahun 1994 sampai
2002). Beliau tatkala itu, sedang di ndalem dan beliau kedatangan seorang tamu
dari Surabaya. Kemudian tamu itu berbicara “Assalamualaikum Yai, mohon maaf
saya anak dari bapak Harianto, ingin memberi khabar kepada panjenengan bahwa
bulan depan panjengengan diajak untuk haji bersama keluarga kami, dan ini
titipan dari ayah saya”, (sambil mengasihkan amplob), kemudian setelah
amplop itu dibuka dan disana tertulis salam dari seorang ayah tersebut, dan
berisikan sejumlah uang untuk bekal haji disana. Loh, mengapa sedemikian
berbeda jauh, antara kita sebagai orang awam tatkala kita ingin pergi haji
harus membutuhkan uang banyak dan membutuhkan waktu lama untuk menunggu,
sedangkan beliau dengan mudahnya untuk berangkat melaksanakan ibadah haji dan
bahkan biaya kehidupan disana sudah dijamin?? Ini terjadi karena derajat kita
masih kalah jauh dengan beliau, kita masih dalam tingkatan derajat orang SD,
namun beliau sudah pada tingkatan SMP ataupun sudah Ma’rifat. Dan hal ini juga
merupakan bukti kebenaran ayat Allah diatas.
Maka dari itu, kita sekarang yang sedang menuntut ilmu itu hanya sebagai
alat untuk melaksanakan kebenaran dalam beribadah, dan akhirnya untuk diamalkan
supaya kita selalu mengalami peningkatan ketaqwaan disetiap harinya dan menuju
derajat orang-orang salih maupun derajat Prof.(hakikat). Jangan hanya mencari
ilmu untuk sombong-sombongan, untuk debat-debatan, tapi juga harus diamalkan.
Karena kata Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya’,
“الناس
كلهم هلكى إلى العالمون والعالمون كلهم هلكى إلا العاملون والعاملون كلهم هلكى إلا
المخلصون والمخلصون على خطر عظيم”
yang dimagsud adalah, bahwa manusia di bumi ini menurut Allah semuanya
ibarat bangkai yang berhamburan atau berlalu lalang kesana kemari, kecuali orang-orang
yang berilmu. Namun disitu belum berhenti menurut Al Ghazali, dan orang-orang
yang berilmu itu ibarat bangkai yang masih bertebaran tatkala mereka belum
mampu mengamalkan ilmunya. dan terahir, orang-orang yang sudang mengamalkan
ilmunya itu masih ibarat bangkai yang bertebaran tatkala mereka belum mampu
mengmalkan ilmunya dengan penuh rasa keikhlasan. Maka dari pendapat Imam Al
Ghazali dapat diambil pelajaran bahwa derajat seseorang yang paling tinggi
disisi Allah adalah orang-orang yang mau mengamalkan ilmunya dengan penuh rasa
ke ikhlasan, tanpa memandang atau melirik penghargaan, pujian, ataupun
pemberian sepeserpun dari manusia.
terahir, pesan dari saya marilah kita senantiasa mencoba untuk menuju
derajat Prof. Jangan sampai pernah membanggakan dengan apa yang kita lakukan
dihari ini, karena kita harus senantiasa menambah kualitas ketaqwaan kita
kepada Allah SWT, agar kita termasuk orang-orang yang beruntung karena selalu
mendekatkan diri kepadaNya. Dan pada
akhirnya Allah pula lah yang akan memberikan atau menunjukkan kuasanya terhadap
orang-ornga yang beriman dan bertaqwa.
Demikian sedikit uraian dari saya, semoga banyak manfaatnya, khususnya
dapat menjadi pelajaran terhadap diri saya pribadi dan umumnya pada kawan-kawan
sekalian yang saya cintai. Banyak kekurangan dari saya mohon dimaafkan.
والعفو
منكم ثمّ السلام عليكم و رحمة الله وبركاته
Demikian ceramah yang saya sampaikan, masih banyak kekurangan materi maupun
metode penyampaian yang saya kuasai. Maka dari itu, kritik yang bersifat
membangun untuk lebih memperbaiki kekurangan dari saya sangat saya butuhkan.
Agar kami kelak bisa menjadi penerus misi dakwah Rasulullah yang bisa
memberikan banyak solusi maupun pemberi warna yang berbeda pada masyarakat yang
heterogen dan akhirnya bisa melestarikan Ajaran Islam. Ceramah ini saya lakukan
di:
Tempat : Aula Pon.Pes Putra Menara Al Fattah Mangunsari.
Waktu : Malam Jum’at, 11 Desember 2014.
Dalam Rangka : Kegiatan Rutin Malam Jum’at
(latihan Khitobah dan latihan bilal
beserta Khutbah Jum’at, Idul Fitri dan Idul Adha).
Mengetahui
Ketua Pondok Seksi Dakwah
Ust.
Abdul Rahman Ust. Maulana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar