Minggu, 17 Mei 2015

MUSNAD


Tabel Kitab  Musnad As Syafi’i dan Musnad Ahmad bin Hanbal
Nama Kitab
Latar belakang
Jumlah & jenis Hadits
Manhaj & Sistematika
Kelebihan & Kekurangan
Musnad As Syafi’i
Awal mula muncul pemikiran untuk membukukan kitab ini, karena Murid Imam Syafi’i yang mengikuti pengajian bersama imam syafi’i dan ia merasa bahwa apa-apa yang keluar dari Imam Syafi’i perlu untuk dibukukan agar dijadikan sumber rujukan bagi umat Islam setelahnya. Maka dari itu, muncullah kitab Musnad As Syafi’i. Dan perlu di ingat, bahwa kitab ini bukan karya dari Imam Syafi’i, melainkan karya muridnya yang bernama Muhamad bin Idris Abu Abdillah As Safi’i.
Ø Jumlah Hadits
Semua Hadits yang ada pada kitab ini, 1829 Hadits. (bisa dibuktikan langsung dalam kitan aslinya)

Ø Jenis hadits
Hadits yang ada bisa dipastikan Marfu’ sampai kepada Rasulullah. Mengapa belum ada penamaan Hadits Sahih, Hasan dan lain sebagainya? karena pada masa ini ulama’ penghimpun hadits belum terfokus konsentrasi pada verivikasi sebuah Hadits
Ø Manhaj:
Pengambilan Hadits-haditsnya dengan perangkaian perawi  yang sampai pada Rasulullah. Dan mengambil Hadits-Hadits yang sudah ada dalam kitab Al Um’, dengan jalur verivikasi.

Ø Sistematika:
1.      Disusun sesuai bab fiqih, karena Imam Syafi’I sendiri terkenal dalam fatwa-fatwa fiqihnya.

Ø Kelebihan:
1.   Karena penyusunannya sesuai bab fiqih, maka hal ini mempermudah bagi orang-orang yang ingin mengetahu Hadits-hadit yang ada perawi Imam Syafi’inya.
2.   Mempermudah bagi kalangan Syafi’iah untuk melihat Hadits yang ada dalam meggali sebuah Hukum, karena dalam kitab ini semua Murni dari fatwa-fatwa Imam Syafi’i

Ø Kekurangan:
1.   Yang menjadi kekurangan dalam kitab ini, pada masa itu, dikarenakan kitab ini bukan hasil Imam Syafi’I atau bukan tulisan sendirinya. Maka dari itu, masih dimungkinkan ini bukan pemikiran terbaik dari Imam Syafi’I, karena jika ini hasil karya Imam Syafi’I sendiri, pasti kesakralan kitab ini sajajar dengan kitab Al um’.
Musnad Ahmad bin Hanbal
Kitab ini adalah penyempurnaan dari Karya Ibnu Hanbal sendiri oleh anaknya. Dan anaknya inilah yang menambahkan riwayat-riwayat yang menyamainya. Hal ini karena Ibnu Hanbal wafat terlebih dahuu tatkala kitab ini belum dibukukan secara sempurna.
Ø Jumlah Hadits
Semua Hadits yang ada dalam kitab ini, 27688 Hadits. (dapat di cek langsung dalam kitab aslinya).

Ø Jenis hadits
Pada kitab ini, ada dua jenis Hadits yakni Sahih, dan Dha’if. Dan kedha’ifan ini terbukti tatkala Ibnu Hanbal lebih memilih Hadits dha’if yang dicantumkan dalam kitabnya, dibandngkan dengan Ro’yunya saja.

Ø Manhaj:
Mengambil Hadits dari orang-orang yang tsiqoh dan Dhabit. Dan hanya menerima hadits yang sambung sanadnya sampai Rasulullah

Ø Sistematika:
1.      Disusun berdasarkan Nama-nama sahabat( Khulafa’ua Rasidin) dan setelah itu Sahabat  yang terlebih dahulu masuk dalam Islam

Ø Kelebihan:
1.   Memudahkan para peneliti Hadits yang sudah tau Rawi a’la.
2.   Tidak memandang para Sahabat yang terlibat dalam Fitnatul Qubro. Jadi beliau lebih bersikab khusnudhon terhada dzuriyah Nabi SAW.

Ø Kekurangan:
1.   Akan merasa kesulitan bagi orang yang tidak mengetahui Redaksi perawi, yang hanya tau matannya saja.
2.   Tidak hasil murni atau tidak ditulis secara langsung oleh ibnu Hanbal.
3.   Mayoritas Ulama’ menilai bahwa Hadits yang ada pada kitab ini kebanyakan Dha’if dan Maudhu’, karena dimasukkannya Hadits Dha’if oleh putranya sendiri tatkala menyempurnakan kitab ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar